Penyebab Ivan Gunawan Pernah Jadi Tahanan Polisi Rusia saat Masih Sekolah

Ivan Gunawan rupanya punya pengalaman berurusan dengan polisi Rusia. Kisah ini terjadi saat Ivan masih duduk di bangku sekolah dan mengikuti ayahnya yang seorang diplomat. Saat itu Ivan terpaksa harus tinggal di Moskow terpisah dari ayahnya yang bertugas di kota Kiev, Ukraina.

“Awalnya naik kereta, setengah perjalanan kira-kira perbatasan Ukraina-Rusia ada pemeriksaan paspor. Dia ngecek paspor, dikeluarin dari kereta dimasukin ke penjara, visa gue habis,” ujar Ivan saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Armand Maulana, Jumat, 19 November 2021.

Ivan berada di Moskow karena di sanalah satu-satunya terdapat sekolah berbahasa Indonesia. Selama di Moskow, ia tinggal bersama dengan keluarga kepala sekolah tersebut di apartemen. Jika liburan datang, Ivan akan ke kota Kiev mengunjungi orang tuanya.

Perjalanan Moskow-Kiev, Ivan lebih senang menggunakan kereta. Alasannya, stasiun keretanya lebih dekat dari tempat tinggal Ivan. “Keretanya kamar-kamar gitu, jadi kita tinggal bayar, mau kamar isi 4 atau 2,” ujar Ivan menerangkan.

Ketika Ivan harus menjalani empat jam penahanan, ia menelpon ayahnya. Sambil menunggu kedatangan ayahnya, dengan diantar oleh polisi, Ivan memilih jalan-jalan keliling kota. “Potong rambut segala,” katanya lagi.

Selama empat tahun tinggal di sana, Ivan bisa mengerti bahasa Rusia. Penulisannya yang rumit mengharuskan Ivan memahami bahasa itu agar tidak kesasar. “Dulu kalau naik kereta ribet, kalau ngapal pusing, ribet jadi harus bisa baca. Buat ngrobrol gitu bisa,” tutur juri acara Indonesia Mencari Bakat ini.

Kepada Armand, Ivan juga menceritakan kegiatannya selama bersekolah di Moskow. Menurut Ivan, ia sudah menghasilkan uang sendiri untuk tambahan uang sakunya. “Jadi waktu gue di Russia, ibu gue suma kasih seminggu 15 dolar, kurang. Gue jualan di Rusia untuk jajan,” katanya.

Bukan hanya itu, Ivan Gunawan juga sudah berkesenian dan selalu diminta tampil oleh Duta Besar kala itu Rachmat Witoelar. Ia bisa bermain musik, melakukan pagelaran busana dan beberapa tarian daerah. “Jadi gue keliling daerah Rusia, gue show di panggung,” ujarnya.

DEWI RETNO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.