Penumpang Pesawat, Ini 5 Tips Lewati Pemeriksaan Bandara dengan Lancar

Setiap penumpang pesawat harus melewati pemeriksaan terlebih dahulu di bandara sebelum diizinkan terbang. Hal ini merupakan standar keamanan penerbangan yang diterapkan di setiap negara.

Namun tak jarang penumpang mengalami terjebak di antrean orang saat melewati pemeriksaan petugas keamanan bandara. Bukan hanya merepotkan, kondisi ini akan membuat tidak fokus dan merugikan banyak orang.

Berikut adalah 5 tips agar lancar melewati pemeriksaan keamanan bandara:

Gunakan tas kecil untuk menyimpan barang penting

Saat ke bandara, sebaiknya menyimpan ponsel, paspor, boarding pass dan tiket ke dalam satu tas yang mudah dijangkau. Jangan dikemas di dalam koper karena itu akan merepotkan. Dengan demikian, saat pemeriksaan nanti tidak perlu repot-repot mencari dokumen yang diperlukan untuk penerbangan.

Persiapkan diri dengan datang lebih awal

Supaya pemeriksaan bandara bisa berjalan lancar dan cepat, datanglah lebih awal. Waktu luang bisa digunakan dengan baik agar tidak terburu-buru melewati bandara. Tibalah lebih awal, setidaknya dua atau tiga jam sebelum penerbangan dan hindari kesibukan yang berlebihan.

Kemaslah barang dengan baik

Kemaslah barang bawaan dengan mengelompokkan barang bawaan sesuai jenis. Pisahkan kelompok barang di bagian tas yang berbeda.

Hal ini akan memudahkan petugas saat memeriksa barang bawaan. Jangan lupa juga untuk mengetahui barang bawaan sesuai ketentuan, mana yang boleh dibawa ke kabin dan mana yang harus masuk bagasi.

Memakai pakaian yang nyaman

Petugas akan meminta calon penumpang pesawat untuk melepas jaket, sepatu, ikat pinggang atau aksesoris tertentu sebelum melewati metal detector. Sebab itu, pakailah pakaian yang nyaman, mudah dilepas dan dipakai kembali. Dengan begitu, penumpang akan lebih cepat bersiap dan tidak ribet.

Jangan membawa barang yang dilarang

Perhatikan barang apa saja yang boleh dan dilarang untuk dibawa. Entah sengaja atau tidak, seringkali penumpang membawa barang yang dilarang. Akibatnya, petugas akan mengecek ulang dan memperlambat proses antrean. Beberapa benda yang tidak boleh dibawa dalam penerbangan antara lain senjata tajam, senjata api dan cairan yang melebihi ketentuan.

Itulah tips melewati pemeriksaan bandara agar lebih efektif dan cepat yang wajib diketahui. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat menjalankan penerbangan.

ANDINI SABRINA | TRAVEL AND LEISURE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.