Mengenal Lebih Cerdas Tentang Menoraghia

Menorraghia adalah merupakan suatu kondisi, dimana ketika terjadi pendarahan haid dalam jumlah yang banyak. Dapat dikatakan bahwa Menoraghia adalah pendarahan haid yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan interval haid yang normal.

Apa yang harus dikenal dari menoraghia?

  1. Kenali Penyebabnya

Menoraghia disebabkan disfungsi ovarium, disfungsi ovarium terjadi ketika rahim tidak melepaskan sel telur selama siklus menstruasi. Akhirnya tubuh tidak mampu menghasilkan hormon progesteron seperti yang telah terjadi selama siklus menstruasi normal.

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan menoragia. Selain disfungsi ovarium, menoragia terjadi akibat fibroid rahim. Tumor rahim non kanker muncul selama bertahun-tahun di masa subur, biasanya bisa menyebabkan pendarahan menstruasi yang lebih berat dari biasanya atau berkepanjangan.

Penyebab lain adalah polip, yang merupakan pertumbuhan kecil dan jinak pada lapisan rahim. Polip menyebabkan pendarahan menstruasi yang berat atau berkepanjangan. Kondisi lain adalah adenomiosis, penyebab menoragia yang terjadi akibat kelenjar dari endometrium menjadi tertanam di otot rahim. Akibat tertanamnya kelenjar tersebut menyebabkan pendarahan hebat.

Penyebab menoragia selanjutnya adalah alat kontrasepsi dalam rahim. Efek samping paling umum dari alat kontrasepsi dalam rahim adalah menoragia. Menoragia bisa terjadi akibat komplikasi kehamilan seperti keguguran dan pendarahan hebat yang terjadi selama kehamilan.

Penyakit kanker rahim dan kanker serviks juga bisa menyebabkan pendarahan menstruasi yang berlebihan. Terlebih lagi gangguan pendarahan yang diturunkan secara kekeluargaan seperti penyakit von willebrand. Kondisi tersebut disebabkan faktor pembekuan darah yang mengalami gangguan.

  1. Faktor Risiko

Faktor Risiko menoragia bervariasi pada setiap wanita, hal tersebut bergantung pada usia dan kondisi medis yang menyertainya. Pada siklus normal, pelepasan sel telur dari ovarium akan merangsang produksi progesteron dalam tubuh. Hormon wanita yang bertanggung jawab memang harus teratur.

Ketika tidak ada sel telur yang dilepaskan, tentunya progesteron tidak mencukupi dan menyebabkan pendarahan menstruasi yang berat. Biasa terjadi pada remaja putri yang penyebab utamanya anovulasi. Remaja putri cenderung rentan terhadap siklus anovulasi pada tahun pertama menstruasi.

Pada usia reproduksi yang jauh lebih tua, menoragia disebabkan oleh patologi rahim seperti fibroid dan polip. Terdapat masalah lain seperti kanker rahim dan gangguan pendarahan. Adapun efek samping pengobatan dan penyakit hati atau ginjal juga bisa menjadi faktor penyebab utama.

  1. Kenali Gejalanya

Perdarahan haid yang lebih banyak dan lebih panjang dari biasanya adalah salah satu gejala yang khas dari menoragia. Untuk lebih jelasnya maka anda bisa membaca ulasan di bawah ini.

  • Penderita menoragia biasanya mengganti pembalut setiap jam. Penderita harus bangun untuk mengganti pembalut di malam hari, setiap harinya.
  • Adapun keluarnya gumpalan darah tentu lebih besar dari seperempat.
  • Mereka kemudian membatasi aktivitas sehari-hari karena aliran menstruasi yang deras.
  • Terdapat juga gejala anemia seperti kelelahan atau sesak nafas yang dialami oleh penderita.
  1. Diagnosis Menoragia

Apabila Anda ingin tahu diagnosis penyakit menoragia, maka dokter akan memulai anamnesa atau riwayat kesehatan pasien. Dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti kadar besi serum dan tes darah lengkap, sehingga fungsi hormonal dan tiroid tetap terjaga.

Pada beberapa kondisi, dokter akan melakukan pemeriksaan pencitraan yang berupa USG atau pap smear.

  1. Komplikasi Menoragia

Menoragia yang dibiarkan tanpa penanganan dokter tentu bisa menimbulkan komplikasi. Komplikasinya adalah anemia atau kehilangan darah dan berkurangnya jumlah sel darah merah yang bersirkulasi di dalam tubuh.

Menoragia juga bisa menimbulkan nyeri yang parah seiring dengan pendarahan menstruasi yang berat. Pada umumnya, pengidap bisa mengalami kram menstruasi yang sangat menyakitkan dibanding yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.