4 Hal yang Bisa Merusak Pernikahan di Tahun Pertama

Tahun pertama pernikahan adalah masa penyesuaian. Ada pasangan yang berhasil memperkuat hubungan, ada pula yang justru menghancurkannya sebelum ulang tahun pertama. Apa sebabnya?

Dilansir dari Pink Villa, berikut empat hal paling umum yang bisa merusak pernikahan di tahun pertama.

1. Sikap menuntut

Meskipun tidak ada salahnya meminta waktu, hadiah, atau apa pun kepada pasangan, ada garis tipis antara meminta sesuatu dengan penuh kasih dan menuntut. Sikap menuntut ini bisa lebih berbahaya untuk hubungan. Memaksa pasangan membelikan sesuatu atau bersikeras untuk pindah ke rumah yang lebih besar tanpa menyadari situasi keuangan pasangan dapat merusak hubungan. Karena sikap ini, banyak suami istri memutuskan untuk berpisah bahkan sebelum merayakan ulang tahun pertama pernikahan.

2. Bertengkar untuk hal tidak penting

Jika salah satu dari memiliki kecenderungan untuk bertengkar tentang hal-hal yang tidak perlu, ada kemungkinan pasangan akan meminta berpisah lebih cepat. Suatu hubungan bertujuan membuat keduanya tetap bersama dan bahagia. Jika hubungan hanya memperjuangkan hal-hal kecil dan tidak mencapai solusi bersama, bersiaplah untuk dampaknya.

3. Sifat mengeluh

Sebagian orang memang memiliki kebiasaan melihat keburukan dari sesuatu, lalu mengeluh dengan harapan bisa jadi seperti yang diharapkan. Mengeluh boleh saja pada batas tertentu. Tapi jika hanya mengeluh tentang apa yang salah dan apa yang seharusnya tidak terjadi, dan tidak menghargai upaya pasangan, ada kemungkinan hubungan berubah jadi pahit. Jadi, daripada mencari-cari kesalahan, lebih baik menghargai upaya pasangan dan membicarakan perbaikannya. Ini akan membantu menyelesaikan masalah tanpa membahayakan hubungan.

4. Tidak jujur

Penyebab lain perpisahan di tahun pertama adalah ketidakjujuran. Salah satu sumpah pernikahan yang diambil sebelum mengikat hati adalah jujur sepenuhnya kepada pasangan. Jika salah satu melanggarnya, dan berubah menjadi ketidakjujuran, hubungan mungkin akan berubah menjadi lebih buruk. Seberapa keras usaha untuk menyembunyikan sikap tidak jujur , pasangan akan mengetahuinya.

PINK VILLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.