3 Diet yang Paling Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang berlomba-lomba dalam berdiet guna untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Selain bertujuan untuk menurunkan berat badan, diet juga membuat hidup lebih sehat dengan cara memilah makanan yang baik atau pola hidup sehat.

Namun, tidak semua diet itu baik bagi tubuh. Beberapa diet bisa membuat tubuh sakit dan kekurangan gizi. Lalu apa saja diet yang baik menurut para ahli?

Dikutip dari Express, ada tiga diet terbaik menurut ahli yaitu diet Mediterania, diet paleo, dan diet plant based.

1. Diet Meditarania

Diet Mediterania telah ada sejak 2018 dan menjadi proses diet terbaik secara keseluruhan di peringkat dunia. Bukan hanya mengurangi berat badan, diet ini juga terbukti menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapat manfaat yang berjekanlutan termasu menjaga kadar kolesterol.

Diet ini dijalani dengan mengonsumsi beberapa makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian; lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun murni; susu dan ikan dalam jumlah sedang; daging kecil – merah dan putih; sedikit telur; dan wine secukupnya. Menjalani dier ini membantu menurunkan berat badan hingga 10 kilogram selama setahun.

Sebuah penelitian mengungkapkan lebih dari 32.000 orang merasakan penurunan risiko kenaikan berat badan dan lemak perut selama periode lima tahun.

2. Diet Paleo

Diet Paleo mirip dengan diet Mediterania, tetapi diet ini lebih menonjolkan perubahan gaya hidup daripada perencanaan diet. Diet ini dijalani dengan memakan makan bahan mentah, sama dengan yang dikonsumsi nenek moyang kita dulu.

Makanan tanpa lemak adalah inti dari diet Paleo. Makanan yang direkomendasikan antara lain makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran segar serta daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, susu, keju, yogurt, dan mentega juga diperbolehkan.

Menurut studi, diet Paleo selama tiga minggu dapat membantu 14 orang dewasa yang sehat menurunkan berat badan rata-rata 2,4 kg dan lemak perut diukur dengan lingkar pinggang mereka tata-rata 1,5 cm.

3. Diet plant-based

Diet plant-based lebih cocok untuk mereka yang vegetarian karena diet ini lebih banyak memakan nutrisi nabati. Diet vegetarian dapat membantu menurunkan berat badan mengonsumsi makanan utuh yang mengandung lebih sedikit kalori.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein nabati telah terbukti lebih mengenyangkan daripada daging, dan mengandung lebih sedikit lemak, kalori, gula dan minyak.

Untuk menjalani diet plant-based, ganti susu sapi dengan susu nabati, menggunakan mentega nabati; mengonsumsi jamur dan kacang-kacangan; ganti daging dengan protein lain seperti kedelai, kacang-kacangan dan produk protein kacang polong.

SHELAMITA AZZAHRA | EXPRESS.CO.UK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.